Terima kasih sudah singgah dan memberikan kesan serta pesan, semoga bermanfaat untuk ibadah Haji dan Umroh kita.

Cari Info Haji dan Umroh

Loading...
Home » » Haji 2013, Prioritas untuk Lansia Diberikan Sejak Awal Masa Pelunasan

Haji 2013, Prioritas untuk Lansia Diberikan Sejak Awal Masa Pelunasan








Prioritas keberangkatan jamaah haji lanjut usia (lansia) akan diberikan tidak lagi pada akhir masa pelunasan BPIH, tetapi diberikan pada awal masa pelunasan. Penegasan ini sebagaimana tertuang dalam rilis resmi yang dikeluarkan Kemenag pada Jumat, (30/11).

Dijelaskan bahwa kebijakan tersebut bertujuan memberikan waktu yang lebih luas kepada calon jamaah haji lansia agar dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Kebijakan itu juga untuk mengurangi risiko jamaah haji lansia gagal berangkat menunaikan ibadah haji, serta merespon berbagai masukan dari masyarakat.

Selain itu, calon jamaah haji yang mendaftar pada tahun 2012-2013 dan seterusnya, yang berusia 80 tahun ke atas, akan langsung bisa diberangkatkan pada tahun yang sama.

Kemenag juga akan merasionalisasi kembali kebijakan terkait petugas haji dari berbagai instansi agar lebih efektif dan efisiens, baik yang berhubungan langsung dengan penyelenggaraan ibadah haji maupun tidak.
Setiap tahun, Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan haji dan mengantisipasi permasalahan yang timbul di lapangan. Hal itu diantaranya dilakukan melalui pembaruan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji yang bertujuan meningkatkan pelayanan jamaah haji, baik di tanah air maupun di Arab Saudi.
Salah satu kebijakan Menag dalam dua tahun terakhir ini adalah memprioritaskan jamaah haji lanjut usia untuk bisa berangkat ke tanah suci. Kebijakan ini akan tetap dilanjutkan pada penyelenggaraan haji di tahun mendatang.

Seluruh jamaah haji Indonesia telah kembali ke tanah air. Kloter terakhir, tiba di debarkasi Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin, pada Jumat, 30 November 2012.

Dari Data Siskohat Kemenag per 29 November 2012, diketahui bahwa jamaah haji Indonesia yang wafat di tanah suci berjumlah 425 orang. Jamaah haji yang sakit dan masih dirawat sebanyak 16 orang.

Secara kuantitaif, jumlah ini lebih rendah dibanding tahun sebelumnya. Jamaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi pada penyelenggaraan haji 1432H/2011M sebanyak 517 orang. Jamaah haji yang sakit dan dirawat tahun ini juga lebih sedikit dibanding tahun lalu.

“Kita patut bersyukur dan gembira bahwa penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” kata Menag ketika menyambut kedatangan kloter terakhir di Debarkasi Jakarta, Jumat (30/11). (mkd)

Kemenag
Share this article :

+ comments + 1 comments

4/28/14, 9:17 AM

mudah-mudahan tahun berikutnya kembali lancar dan dimudahkan

Post a Comment

 
Created by : Fans Page Naik Haji dan Pergi Umroh
Copyright © 2012. Naik Haji dan Pergi Umroh - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger